Minggu, 17 April 2016

8 Profesi Unik yang Hanya Ada di Indonesia

blog: jurnal fresh – Indonesia kaya akan budaya dan tradisi. Tak hanya itu, Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Dengan jumlah penduduk yang banyak, orang-orang Indonesia harus kreatif dalam mencari pekerjaan. Tak heran di Indonesia ada beberapa profesi unik yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Apa saja?
Berikut 8 profesi unik yang hanya ada di indonesia


1. Ojek Payung




Sebagai daerah tropis, Indonesia cuma punya 2 musim kemarau dan hujan. Selama musim hujan, Anda tidak perlu khawatir basah, karena ada banyak ojek payung yang menawarkan jasanya di pinggir jalan. Biasanya yang berprofesi sebagai ojek payung adalah anak-anak. Anda bisa memberikan beberapa lembar ribuan untuk jasa ojek payung ini.


2. Tukang Permak Jeans Keliling


sumber: memorivisual.wordpress.com
sumber: memorivisual.wordpress.com
Celana jeans Anda kebesaran? Atau ingin memotong celana panjang menjadi lebih pendek? Anda tak perlu repot pergi ke tukang jahit, karena ada tukang permak jeans keliling yang bakal mendatangi komplek rumah Anda. Selain menjual jasanya dengan cara berkeliling, ada juga tukang permak jeans yang membuka kios di pinggir jalan.

3. Tukang Sol Sepatu Keliling


sumber: gerak-nafas.blogspot.com
sumber: gerak-nafas.blogspot.com
Selain tukang permak jeans keliling, ada juga tukang sol sepatu keliling yang menawarkan jasanya. Jadi jika sepatu kesayangan Anda tiba-tiba rusak, tak perlu khawatir karena tukang sol sepatu siap memperbaiki sepatu Anda seperti sedia kala.


4. Tukang Tambal Ban


sumber: m.motorplus-online.com
sumber: m.motorplus-online.com
Saat ban kendaraan Anda kempes atau bocor, tak perlu khawatir karena di sepanjang jalan, banyak tukang tambal ban yang siap menjual jasanya dengan harga yang terjangkau. Namun tak jarang penyebab bocornya ban kendaraan adalah karena tukang ban itu sendiri. Mereka kerap menyebar ranjau paku di jalanan dekat kiosnya supaya banyak pengendara yang menggunakan jasa mereka. Wah sebaiknya Anda perlu waspada ya.

5. Jasa Tukar Uang


sumber: solopos.com
sumber: solopos.com
Profesi satu ini biasanya banyak bermunculan saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, yang identik dengan tradisi bagi-bagi uang. Orang-orang biasanya menukar uang 50 atau 100 ribu menjadi pecahan lebih kecil dan membagikannya kepada sanak saudara. Jasa tukar uang ini biasanya bertebaran di pinggir-pinggir jalan atau lokasi strategis yang didatangi banyak orang.


6. Joki 3 in 1


sumber: weshareabout.wordpress.com
sumber: weshareabout.wordpress.com
Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi kemacetan di Jakarta adalah dengan memberlakukan 3 in 1 pada kendaraan beroda 4. Jika Anda ingin melewati jalan-jalan protokol pada jam-jam tertentumobil harus berisi minimal 3 orang termasuk sopir. Alhasil, muncullah profesi joki 3 in 1 yang bisa menyelematkan Anda dari tilangan polisi. Para joki ini biasanya menawarkan jasanya di jalan-jalan kecil menuju jalan protokol. Tarifnya pun beragam, tergantung kesepakatan sang joki dengan pengendara mobil.

7. Penjual Makanan Keliling


sumber: tokomesin.com
sumber: tokomesin.com
Anda merasa kelaparan saat tengah malam? Jangan khawatir karena ada tukang makanan keliling yang menjual dagangannya hingga dini hari. Sebut saja nasi goreng, sate atau mie tek tek, Anda tinggal memilih makanan yang Anda sukai. Rasa yang ditawarkan penjual makanan keliling ini pun termasuk lumayan. Apalagi jika Anda sudah jadi langganan, mereka pasti sudah tahu bagaimana meracik makanan favorit Anda.


8. Penjual Jamu Gendong


sumber: thejakartapost.com
sumber: thejakartapost.com
Ini merupakan profesi khas Indonesia yang sudah ada sejak dulu.  Penjual jamu gendong diyakini berasal dari Jawa Tengah. Penjual jamu biasanya membawa botol-botol beragam jamu di atas gendongan. Dengan berjalan kaki, mereka menjajakan jamu dari pagi hingga sore hari. Walau kini profesi ini makin susah dijumpai, tapi Anda masih bisa menemukannya di beberapa daerah di Jawa, terutama di pinggiran kota atau pedesaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.