Minggu, 27 Maret 2016

Harga Ikan Laut di Bojonegoro Stabil



jurnalfresh.com – Sejumlah pedagang di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, menyatakan harga ikan laut stabil, meskipun pasokan ikan di pasar sempat turun akibat perolehan nelayan dari daerah penghasil ikan di Tuban juga anjlok sepekan terakhir.
“Perolehan ikan oleh nelayan yang melaut turun drastis. Biasanya, perolehannya rata-rata berkisar 2-3 ton sekali melaut, sekarang hanya sekitar 2 kuintal,” kata seorang pemilik kapal yang juga pedagang ikan laut di Pasar Kota, Bojonegoro Ny. Sulasih, di Bojonegoro, Minggu.
Hal senada disampaikan pemilik kapal lainnya asal Tuban Ny. Suryanti, yang juga berjualan berbagai aneka ikan laut di Pasar Kota Bojonegoro.
“Paling banyak perahu saya hanya memperoleh 4 kuintal sekali “miyang” (melaut). Biasanya dalam kondisi normal bisa memperoleh 4-5 ton sekali melaut,” jelas Suryanti.
Menurut dia, nelayan kesulitan memperoleh ikan akibat pengaruh angin kencang di laut. Padahal, biaya melaut dengan sekitar 30 tenaga kerja bisa mencapai Rp3 juta sekali melaut.
“Pemilik kapal jelas rugi. Kalau angin laut tidak kencang, perolehan ikan bisa kembali normal,” tandasnya.
Selama ini, jelas Sulasih dan Suryanti, perolehan ikan laut dari kedua kapalnya itu yang memasok pedagang di pasar setempat.
“Kalau dapatnya sedikit, diusahakan dibagi merata untuk pedagang yang berjualan di sini,” ucap mereka.
Meski perolehan nelayan menurun, katanya, harga berbagai aneka ikan laut tetap stabil, tidak mengalami kenaikan, begitu pula berbagai ikan laut juga bisa diperoleh.
“Stabilnya harga dipengaruhi oleh harga aneka ikan air tawar yang pasokannya kebetulan melimpah,” ucap pedagang ikan laut dan ikan air tawar, Bambang.
Data di Pasar Kota Bojonegoro, harga ikan tongkol Rp25.000 per kilogram, kakap berkisar Rp25.000-Rp30.000 per kilogram, dan kerapu Rp20.000 per kilogram.
Lainnya, ikan tenggiri, rajungan, kepiting masing-masing Rp70.000 per kilogram, udang laut berkisar Rp40.000-Rp70.000 per kilogram.
Sedangkan, cumi-cumi Rp40.000-Rp50.000 per kilogram, nus Rp25.000 per kilogram, kuningan Rp15.000 per kilogram dan barakuda Rp25.000 per kilogram.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.